SELAMAT DATANG.


Ingin ikut menulis diblog ini, sertakan alamat email Anda.
Artikel Anda akan diupload di blog ini.
Terima Kasih telah berkunjung.

(Dari Abu Hurairah r.a. berkata: Rasulullah saw bersabda, "Orang yang menyantuni janda dan orang miskin adalah bagaikan orang yang berjihad fi sabilillah bahkan seperti orang yang tidak pernah berhenti puasa dan bagun shalat malam."
(Bukhari - Muslim)
"


Senin, 28 Maret 2016

Ali bin Abi Tholib & kecerdasan matematika

Assalammualaikum. Wr. Wb.

Sahabat muslim/muslimahKecerdasan Ilmu Matematika Imam Ali r.a memang sudah sangat terkenal di kalangan bangsa arab, sebagai contohnya adalah kisah kecerdikan Sayyidina/Imam Ali r.a dalam bidang Matematika yang membuat seorang tokoh Yahudi yang cerdik terdiam dan tak berkutik.

Yuk mari langsung saja kita pantau dan buktikan saja melalui Kisah Kecerdasan Imam Ali r.a dengan seorang cendikia Yahudi berikut ini, :)

  Alkisah, Seorang yahudi berniat datang kepada Imam Ali bin abi thalib (r.a.), untuk menguji kecerdasan Imam Ali (r.a) hal ini dikarenakan ketidaksenangannya akan tersohornya Imam ali r.a akan kebijaksanaan dan kecerdasanya. 

Setelah menyiapkan pertanyaan yang sulit yang sudah pasti menurutnya akan susah di jawab oleh Khalifah Rosululloh dan Pemimpin kaum Muslimin itu, maka si yahudi itu pergi untuk menemui Imam Ali r.a

 "Aku akan bertanya kepadanya pertanyaan yang sulit sehingga ia tidak akan mampu menjawabnya dan aku akan memiliki kesempatan mempermalukannya di depan semua orang Arab, hahaha,,"  Gumamnya dalam hati.

Singkat cerita, kemudian bertemulah dia dengan Imam Ali r.a, kemudian mulai bertanyalah ia dengan maksud untuk mempermainkan beliau dengan pertanyaan sulit yang telah matang ia siapkan".

dengan lantang ia pun berkata,


  “ Wahai Amirul Mukminin, katakan padaku angka, dimana jika kita membagi dengan sejumlah angka dari 1 s/d. 10  jawabannya akan selalu dalam bentuk bilangan bulat dan bukan pecahan


    

Sayyidina Ali bin Abi Thalib r.a

   Sejurus kemudian Imam Ali (r.a) memandang ke arahnya dan berkata,

 Ambillah jumlah hari dalam setahun dan kalikan dengan jumlah hari dalam seminggu dan Anda akan mendapatkan jawaban Anda.


  Sontak saja Orang Yahudi itu sampai terheran-heran karena seolah dengan begitu mudahnya beliau menjawab pertanyaan yang sulit ini dengan begitu cepat dan percaya diri, namun karena dia adalah seorang polytheis (musyrik), dia masih berusaha tidak takjub dan tidak mau percaya begitu saja dengan jawaban Imam Ali (r.a).

Kemudian ia pun menghitungnya, dan menemukan hasil sebagai berikut :

- Jumlah Hari dalam Tahun     =  360 (sesuai perhitungan kalender di Arab)

- Jumlah Hari dalam Minggu  =  7

- Produk dari dua angka          =  360×7 = 2520

Sekarang mari kita buktikan.. :-)

2520 ÷ 1    =  2520

2520 ÷ 2    =  1260

2520 ÷ 3    =    840

2520 ÷ 4    =    630

2520 ÷ 5    =    504

2520 ÷ 6    =    420

2520 ÷ 7    =    360

2520 ÷ 8    =    315

2520 ÷ 9    =    280

2520 ÷ 10  =    252

Nah ternyata jawabannya benar-benar bulat semua dan bukan pecahan ya.. :D
Demikianlah salah satu kisah sebagai bukti kecerdasan imam ali bin abi Thalib r.a,

semoga bermanfaat.

Subhanakallahumma wabihamdik asyhadu allailaha illa anta asytagfiruka wa atubu ilaik.

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...